Minggu, 15 Juni 2014

Be The Light One Ok Rock and Comforting Sounds Mew

Hellooooooooo
Selamat Malam kawan-kawan...
Lagi pada sibuk ngapain ini? Nonton debat capres? Yahh silahkan aja nonton dengan anteng ya dan semoga bisa dapet pilihan capres terbaik untuk dicoblos pas di TPS nanti.
Kalo saya sendiri ngapain? Saya sih pilih ngeblog aja deh, menuangkan ide dan isi dalam kepala yang udah lama bersarang.



Nah udah pada tau kan penggemar One Ok Rock kalo Video Klip Be The Light kemarin menang di MTV VMA kategori Best Rock Video?
Sip kalian fans yang baik kalo pada udah tau, hehehe.

Saya mau ngomentarin alias review kecil-kecilan mengenai video klip Be The Light ini. Tau kan video bernuansa gelap dan Taka yang latarnya berpindah-pindah dari satu angle ke angle yang lain, sedangkan Toru, Tomoya dan Ryota cuman berdiri diem di depan kamera.
video ini banyak melibatkan pesawat televisi yang nongol di video Be The Light, entah itu tv siapa yang dipinjem karena jumlahnya emang ga keitung hehehe.

Sebenernya udah dari beberapa bulan yang lalu mau nulis ini tapi sempetnya emang  baru sekarang dan kebetulan pas banget waktunya sama kemenangan Be The Light sebagai Best Rock Video di MTV VMA. Kemudian pas banget dengan adanya kabar menggembirakan tentang bergabungnya kembali Johan Wohlert di band yang sudah membersarkan namanya. MEW.
Adakah yang tahu band bernama MEW ?

MEW?

Iya band MEW yang berasal dari Denmark dan beranggotakan 4 orang yaitu
Jonas Bjerre di Vokalis
Bo Madsen di Gitar
Silas Utke di Drum
( Johan Wohlert CLBK sama MEW lagi terhitung sejak hari ini)
--Untuk informasi selengkapnya tentang MEW, bakal saya ulas di blog wordpress saya--

~~~~Such a perfect timing when I write this article because they both have a great moments. Be The Light winning Best Rock Video and Johan Wohlert officialy rejoining MEW.~~~~

Tergelitik banget untuk nulis ini karena keduanya punya video klip yang menurut saya hampir hampir mirip di beberapa bagian baik di Be The Light maupun di Comforting Sounds.

Oh ya bagian yang mana?

Coba cek di video ini dulu ya...



Kemudian cek di video ini




---------------

Video di menit ke 00.02 diawali kemunculan wajah Taka yang menunduk kemudian menatap tegak lurus ke kamera dan menyanyi di bait pertama "Just the tought of a another day....."



Dan hampir sama di video Comforting Sounds di detik 02 yang menjadi pembuka adalah Jonas yang notabene sebagai vokalis MEW yang punya suara unik dan melengking, meskipun kemunculannya pertama kali terlihat masih agak ngeblur. Jonas juga terlihat agak menunduk sembari menyanyi "I don't feel Alright......."
 

Baru di detik ke 00.26 shoot Jonas yang agak jauh dan ngeblur perlahan-lahan jadi dekat dan fokus...

Jadi persamaan pertama adalah di awal klip terletak pada kedua vokalis yang sama-sama menjadi opening atau pembuka dan masing-masing bernyanyi dengan lagu andalannya.

----------

Dan kesamaan terakhir ada disini....


Perhatikan baik-baik
 

If you know what I mean..
Yap jawabannya ada di tangga semacam rel untuk pengambilan gambar video. Saya ga ngerti dengan pasti namanya apa dan yang pasti pengambilan gambar semacam ini mempermudah sutradara dalam pengambilan gambar maju mundur tanpa membuat kamera bergoncang.

-----

Dan dari masing-masing video itu sama-sama memiliki unsur gelap menurut saya walaupun di klip Comforting Sounds itu lebih dark dan bener-bener misterius.
Walaupun Be The Light itu dipersembahkan untuk mengenang tragedi tsunami di Jepang 11 Maret 2011 yang lalu, One Ok Rock lebih ngasih ke hal yang lebih manusiawi.
Seperti perpindahan Taka dari satu shoot satu kamera ke kamera yang laen, menurut saya sih itu jadi sebuah makna seperti "Ayo dong segera move on. Masa iya masih mau nginget-nginget dan berdiri di satu titik terus. Titik kesedihan...? Ayo bangkit! "
Gak dipungkiri di klip Be The Light itu memberikan kesan lebih soft walaupun penuh arti didalamnya, di beberapa layar tv tersaji beberapa peristiwa seperti peperangan dan bencana alam.
Taka itu semacem nunjukin kalo "Kita ini terlahir sebagai orang Jepang dan berjiwa samurai, jadi buat apa menangisi dan meratap kesedihan yang kita alami. Udahlah let it go. MOVE ON!"
Yaaa semacam itulah yang ada di pikiran saya tentang klip Be The Light.

Ada beberapa scene yang bikin saya kagum karena efeknya di Be The Light yaitu lampu-lampu di sekitar Taka yang ini


Kemudian yang ini.

Yang jadi pertanyaan sih itu gimana caranya tv ditumpuk-tumpuk jadi tinggi kek gitu? kok bisa ga roboh ya? hehehehe
Oh iya sempet curiga juga sih sama dedek kecil yang nongol di tipi dan posisi di bawah layar Taka, jangan-jangan itu Taka waktu bayi? Soalnya mirip banget mukanya. hahahaha
(Ada yang setuju sama saya soal adek bayi itu?)

------

Kita beralih ke Comforting Sounds ya... ada beberapa scene yang beneran saya cinta banget ketika di menit ke 00.53 Bang Jonas buka kancing dan setelah dibuka... walaaaa... tonton sendiri aja ah. Dan ingat kalau mikirnya ke arah 'situ' jelas salah banget, karena yang ditunjukin adalah efek yang luar biasa keren dan serem pastinya.

Oh iya ngomong-ngomgong soal serem, ada lagi yang lebih serem itu gambar animasi boneka yang ada di menit 02.42 yang sejenis kotak permainan berbentuk bundar. Hah? Kotak permainan berbentuk bundar? Ah apalah itu namanya Hahahaha
Jadi gambar animasi boneka itu gerak-gerak kek bernyawa banget, dan betapa pinternya yang bikin animasi karena bikin gambar boneka itu terlihat hidup banget.Itu keknya belum seberapa serem deh, menurut saya masih ada yang lebih serem di Comforting Sounds yang berdurasi 9 menit itu malah lebih serem. Penasaran? Tonton sendiri aja dan liat seremnya dan jangan minta tanggung jawab sama saya kalo sampe kepikiran & paranoid berhari-hari

Ah sudahlah saya males deskripsiin soalnya itu boneka beneran bikin parno dan males kalo sampe kebayang-bayang & jadi kepikiran kayak dulu pas pertama kali liat.
 
Ngomong-ngomong soal klip MEW, entah kenapa di tiap klip MEW itu selalu sukses bikin merinding disko, bener-bener misterius dan seolah berada di luar pemikiran. Saya kasih contoh lagi beberapa video klip MEW yang serem, yaitu :

Why are You Looking Grave,
156
 The Zookeeper Boys
Introducing Palace Players
Am I Wry? No
dan masih banyak lagi...

Emang demen kali ya atau malah emang pengen menunjukkan image mereka sebagai band yang misterius karena beberapa klipnya yang super duper misterius. Tapi sumpah lagunya MEW beneran keren-keren dan patut direkomendasikan dan pasti suka sama suaranya Jonas Bjerre yang melengking dan unik.
Buat yang belum pernah denger lagunya MEW, coba aja dengerin tapi resiko ketagihan ditanggung penumpang ya....


~~~~~~

Oke saya akhiri beberapa review kecil-kecilan tentang klip Be The Light punya OOR dan Comforting Sounds milik MEW.
Kalau mau copas boleh, tapi jangan lupa sertakan juga link aktif ataupun link mati yang penting ada creditnya. Bukannya mau apa-apa sih, tapi bikin artikel kayak gini juga dari hasil mikir sendiri lho dan bener-bener nguras pikiran dan tenaga. Jadi hargailah si pembuat artikel walau hanya dengan nyantumin link sumber/credit.
Maaf lho kalo saya ngomong ini, soalnya pernah sih sebulan yang lalu kalo ga salah saya nemu sebuah artikel tulisan saya dikopas orang trus diedit dikit dia lalu di posting di blog dia tanpa nyantumin credit. Dengan judul yang sama dan konten yang diedit di beberapa bagian.
Jujur sih waktu itu saya kesel banget dengan adanya acara kopas mengkopas dan langsung menegur dia dengan cara halus, untungnya dia mengerti, meminta maaf lalu meralatnya dengan nyantumin link blog saya.
Tapi tetep terimakasih buat kamu yang disana yang udah dengan besar hati meralat dan minta maaf, saya tetep hargai itu kok. Sukses buat kamu, semoga blog kamu juga makin banyak yang baca dan orang-orang terhibur dengan isi blog kamu.

Yaudah sih ya... kalo kira-kira ada keterangan yang kurang jelas atau kurang detil bisa kok kasih masukan. Dengan senang hati banget bakal nerima itu.
Dan karena sudah malam dan besok pagi itu hari Senin, jadi saya sudahi dulu acara ketik mengetik ini dan beristirahat biar besok bisa bangun pagi.

Selamat Malam...
.
.
.
Terimakasih Sudah Berkunjung.
.
.
.
Kapan-kapan Main Lagi Ya...

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Feel free to comment... silahkan....